Selasa, 13 Juli 2010 | By: Babad Sunda

Tentang Saya

                                          SELAMAT DATANG DI CARITA KI SUNDA.....

Assalamu alaikum wr.wb

Salam perkenalan :

Nama : yadi mulyadi
Alamat: Lingk.Nalegong rt 01 rw 10 Kel.Kota Kulon Kec. Sumedang Selatan

 Alamat Rumah sekarang
Dusun Sindu Astra blok Kemis No.29 10/05 Desa.Pinangraja Kec.Jatiwangi Kab.Majalengka
Tlp. (0233)888 6149

Saya dilahirkan di kota sumedang 11 desember 1977,saya sekolah SD di SDN 1 Johar Karawang 1990, SMPN 6 Karawang 1993,karena saya tertarik dengan Ilmu dan kearifan budaya lokal sehingga saya lebuh memilih berkelana (menjadi musafir) ketimbang melanjutkan sekolah formal saya di SMEAN Karawang, akhirnya saya pergi kedaerah Cirebon untuk mondok dipesantren mulai tahun 1994 untuk membekali diri dengan ketauhidan Illahiyyah.

dan kemudian saya memulai perjalanan musafir (mengembara) berangkat di Desa Bayalangu kec.Arjawinangun sampai ke ujung jawa Timur, Sumatera....setelah perjalanan mengembara dengan berjalan kaki selama kurun waktu 9 tahun perjalanan tirakat terebut saya sambil belajar sejarah, seni budaya nusantara . walaupun pengetahuan yang saya serap hanya sebagian kecil kearifan budaya nusantara tersebut (thn 1994 - 2003).
Semakin saya tahu tentang ke adiluhungan sejarah dan budaya nusantara tersebut terlintas dalam benak saya ingin lebih dalam lagi dan memfokuskan ke Sejarah dan budaya Kasundaan. dengan demikian sampai saat ini saya menelusuri dan bertanya pada ahli dibidangnya.

Pada Tahun 2003 saya kembali ke sumedang , karena saya senang belajar sejarah dan budaya akhirnya harus mencari tokoh sejarah dan budayawan, karena semenjak kecil saya dibesarkan diperantauan sehingga kembali ketanah kelahiran sangatlah asing buat saya ataupun sebaliknya.

Mengingat banyaknya masyarakat sumedang yang senang berziarah di makam leluhur yang disakralkan maka saya tertarik membuat satu Paguyuban Ziarah Lestari Alam yang bertujuan untuk memberi pencerahan tata krama ziarah sesuai syariat islam yang sering terabaikan dan menggali sejarah dan budaya sumedang juga supaya dapat menjaga kelestarian alam disekitarnya.

Disaat bersamaan Disbudpar Sumedang membuat suatu wadah " Ikatan Juru Kunci Cagar Budaya"IJKCB sumedang dan alhmdllh saya masuk didalam seksi kepengurusan sebagai Seksi HUMAS, disaat itulah saya mendapatkan peluang untuk mendapatkan informasi dan relasi tentang sejarah ka sumedangan yang menjadi bagian dari sejarah kasundaan.
Di pertengahan tahun 2009 IJKCB berubah nama menjadi PKPBS " Paguyuban Kuncen Pancar Buana Sumedang" saya kembali terpilih duduk dalam kepengurusan sebagai Sekretaris 1 masa bakti 2009 hingga 2013.

Dengan aktifnya di wadah PKPBS dan Ormas budaya lainya membuat saya lebih leluasa dalam perjalanan saya mencari dan belajar sejarah kasundaan. maka saya ingin berbagi wawasan dan pengetahuan sejarah saya dengan anda semua dengan tujuan share demi mewujudkan dan melestarikan sejarah dan kearifaan kasundaan.
Sejarah sunda yang akan saya Posting di Blog ini selain hasil dari berkelana juga 70 % saya dapatkan dari Para Kuncen (Paguyuban Kuncen Pancar Buana Sumedang), sejarahwan,Budayawan, serta dari Yayasan Pangeran Sumedang , Rukun Wargi Sumedang, Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang.
Dan perlu anda ketahui sejarah yang saya posting sebagian besar telah melalui proses seminar.
Semoga tulisan di Blog saya ini bisa membawa mamfaat yang besar buat kita dan tanah air tercinta ni.


salam hormat saya bagi semua pengunjung Carita ki Sunda, dan saya harap mendapatkan kritik dan saran juga komentarnya, jujur saya katakan karena saya masih tergolong blogger pemula, jadi saya mohon maklum dengan ketidak puasaan anda.
 
TERIMA KASIH.......ATAS KUNJUNGAN ANDA....


wassalamu alaikum wr.wb

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik tentunya memberikan Komentar,kritik serta saran yang sopan disini, Terima kasih atas komentar dan kunjungan nya

Kembali lagi ke atas